Sabtu, 23 April 2011

KEBUN BIBIT RAKYAT KELOMPOK TANI SEKARWANGI CUGENANG - CIANJUR

Dengan adanya program penyelenggaraan Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang  direalisasikan oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia, salah satu kelompok tani yang ada di Kabupaten Cianjur yaitu Kelompok Tani Hutan Rakyat Sekarwangi yang diketuai oleh Bapak Makbul, telah melaksanakan kegiatan tersebut dengan menghasilkan jumlah bibit lebih dari 50000 bibit yang siap tanam.

Proses pelaksanaan Kebun Bibit Rakyat tersebut di mulai dari bulan September 2010 yang lalu, dengan anggaran yang diterima dari pemerintah untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut sebesar 50 juta Rupiah.

Dari mulai pengolahan lahan KBR hingga proses penyediaan bahan dan peralatan sampai bulan Januari 2011 bibit yang dihasilkan diantaranya : 20000 pohon Albasia ,  20000 pohon Kopi dan 10000 pohon Suren (jumlah tersebut merupakan hasil RUKK(Rencana Usulan Kegiatan Kelompok). Untuk mengantisipasi kematian tanaman, kelompok Sekarwangi ini memproduksi bibit sekitar 65000 bibit, jadi artinya 15000 bibit merupakan swadaya kelompok dengan jenis bibit tambahan Albasia dan kopi yang diperbanyak.

Hingga bulan Februari 2011 bibit tersebut siap untuk didistribusikan kepada masyarakat sekitar Desa Cirumput,  dengan rata-rata tinggi bibit yang siap tanam antara 40-50 cm. Luas lahan gundul yang akan ditanam lebih kurang 75 Ha yang merupakan lanan milk masyarakat.

Kelompok Sekarwangi ini akan merancang sistim Data Base pohon untuk dapat memudahkan pengontrolan dalam pemeliharaan ke depan, agar semua bibit KBR yang ditanam betul-betul bisa tumbuh baik di lapangan.

1 komentar:

Sumursari cirumput mengatakan...

Oya sudah berapa lama kelompok ini aktif di bidang lingkungan?